Posted in Germany, Traveling Experiences

[Day 1-2] Amsterdam & Berlin

Date: December 23, 2011
Location: Groningen -Amsterdam

Holidaaaay time, babyyy! πŸ˜€

Akhirnyaa keluar negeri lagi *jingkrak-jingkrak* pengalaman kluar negeri bikin addicted ternyata…

16.07
kereta menuju Amsterdam Amstel sudah datang..

Bye-bye Groningen!

Winter holiday kali ini saya pergi bareng Katherin dan akan bertemu Sania (temen SBM yang exchange di Pforzheim, Germany) di Venice. Dua teman SBM saya yg lain kebetulan punya rencana akhir taun berbeda..

18.37

Saya pun sampai di Amsterdam Amstel.

sambil menunggu waktu check-in eurolines, saya dinner di Burger King. Nyam2.. setangkap chicken burger + frites + coca cola. Alhamdulillah kenyaaaaaang!

19.45
kluar BK, dan menuju pool bus Eurolines untuk check-in.

Jeng! Jeng!

Ada kesalahan sistem dimana sebenernya bus udah full tapi tiket tetep di JUAL!!

We’re sorry, bus selanjutnya bakal ada jam 11:30 pm, so you can go to check-in desk at 10:30 pm. :”'(

“Selalu ada hikmah dibalik keterlambatan” (motto saya dan teman-teman selama ini hehehe)

Ya udah akhirnya saya nge-dugem dulu di stasiun. (Dugem = duduk-duduk gembira).

Singkat cerita, akhirnya jam 10:30 pm saya bisa check in, trus di kasi coklat belanda tanda permohonan maaf. Oiya, yang kocaknya si mas-mas petugas check-in bisa bahasa INDO! At least, “terima kasih” dan “kembali” πŸ™‚

Ditemani hujan rintik2.. Perjalanan ke Berlin dari Amsterdam pun saya habiskan dengan tidur. hmm.. berapa jam yaah? 8.5 jam kalo ngga’ salah hitung.

Date: December 24, 2011
Location: Berlin

08.00
Saya dan Katherin sampai di ZOB (Bus Central Station) Berlin.. sempet bingung ngebaca metro map Berlin yang lumayan ribet dan warna-nya mirip2.. tapi akhirnya terpecahkan juga.

Destination 1
Easy Hotel, Hackescher Markt

website: Easy Hotel Website

Hotel kecil mungil yang cuma berjarak 150 meter dari metro U-Bahnhof Rosenthaler Platz. Kalo pernah nginep di hotel sejenis tune-in hotel, hotel ini ngga’ jauh beda. Sempit..(9.5 sq metre) cuma ada tempat tidur dan toilet! Mau wifi? Bayar lagi.. Mau nonton tv? harus sewa remote = bayar lagi..

Oiya, waktu itu kan saya mau beli akses wifi buat 24 jam (3 euro).. Trus sama mba’2 receptionis-nya di kasih GRATIS! Hhoho makasi yaa mbaa πŸ˜€

At last, hotel ini worth it banget di compare dari harga 1 kamar/night 25 euro. Means 1 person/night 12.5 euro! πŸ˜€ lokasinya strategis!

review:
+ kasur-nya empuk dan nyaman setaraf hotel berbintang
+ shower & wastafel juga buatan Grohe. (Nice!)
+ Hotel hemat listrik! Jadi setiap jalan ada sensor-nya dan lampu baru nyala kalo sensor-nya liat kita.

– internet bayar 3 euro (24 jam)
– AC-nya kurang dingin
– no breakfast
– kamar-nya relatif kecil kalo badan kamu agak super size dijamin susah gerak :S

bedroom
toilet
toilet (2)

Destination 2
Alexanderplaatz

Dari sini kita bisa ketemu sama TV Tower dan christmas market, abis itu jalan2 ke shoping center namanya Galeria. Saya sempet beli coklat milka rasa Oreo. Entah karna Galeria termasuk shopping center yang agak high-end atau ngga’.. Tapi disini belanjaan saya dimasukin ke kantong kresek sama mba’2 pramuniaga.. Ini langka banget looh.. Soalnya biasanya di Belanda saya harus sigap ngantongin belanjaan sendiri. hehe

Christmas Market
TV Tower
Christmas Market (lagi)
rumah-nya lucu
Milka (!!)
ada mba'2 yang bantuin ngantongin belanjaan kita..

Destination 3
Brandenburg Gate

Setau saya sii ini monumen yang terkenal di Jerman. Temasuk Top 10 must visit juga.. πŸ˜€

Destination 4
Memorial to the Murdered Jews of Europe

kalo malem kayaknya horor deh.. hehehe

Destination 5
Souvenir Shop

Bikin Postcard ada fotonya! Harganya 3 euro hhuhu agak mahal sii.. Cuma kapan lagi ngirimin papa mama postcard yang include foto anaknya? Hahahaahaaha #narsis

background foto : Memorial to the Murdered Jews of Europe πŸ˜›

Destination 6
Doner Kebap

my lunch!

Lunch time! Ini supeeerrr banyaaaak! Saya ngga’ abis deh makannya.. (Maaf ya Allah) :(( di akhir-akhir jadi cuma nyemil-in daging kebap-nya aja..ngga’ kuat makan roti-nya. Waktu itu saya pesen Teh rasa apel, katanya sii ini khas dari Turkey. Pas banget waktu itu cuaca lagi hujan..dan secangkir teh memberikan kehangatan πŸ˜›

Destination 7
Sight seeing

Church

sayang skali udah tutup pas kesini x_x

keliling-keliling ketemu gereja, ketemu bangungan-bangunan bagus dari sisi arsitekturnya tapi ngga’ tau bangunan apa (hahaha dodol). yaa tak apa lah.. yang penting di abadikan dan di share ke kalian πŸ˜€

Oiya, pas sore-sore saya main ke Christmas Market (lagi) yang kali ini lebih rame dan penuuuuh.. tiket masuknya 1 euro.

ngemil crepes

Destination 8
Sankt Hedwigs Kathedrale

Well, it’s Christmas Eve, dan Katherin pun perlu ke Gereja buat beribadah. Yang jadi masalah adalah, saya ninggalin Katherin dan tidur2an di hotel atau ikutan nemenin ke Gereja.

Saya pun memilih yang kedua..skalian penasaraan biasanya malam natal ngapain yaah? Hehehe

Then..menurut kami, ini adalah malam natal PENUH PERJUANGAN!!

Perjuangan #1: muter2 berjam-jam nyari dimana ini St. Hedwigs.. di peta ada tapi knapa di realita ngga’ adaaa??? sempet nemu Gereja ternyata Gereja Protestant. hemm.. okkay.. cari lagi.. At the end, Katherin nanya sama seorang bapak2 berumur > 50 tahun, awalnya underestimate takut beliau ngga’ bisa bahasa Inggris (Penduduk Jerman dikenal sangat konservatif masalah bahasa) ngga’ taunya beliau lancar banget hhhi *maaf lho pak! salah sangka.. πŸ˜›

Guess what? Gedung-nya ketutupan sama tiang2 gedung di depannya yang lagi under construction, pantesan -____- hem.. okay.. ngeliat Dom Gereja ini udah super seneng! ketemuuu!

Perjuangan #2: Pintu gereja masih ditutup dan baru di buka (kalo ngga’ salah) jam 20.30. Ibadah baru dimulai jam 22.00. Sebenernya nunggu di tangga2 depan gereja ngga’ masalah..yang jadi masalah cuma 1.. dinginnya kota Berlin saat itu (!!) di sertai angin. brrr… toko-toko udah tutup dari jam 2 siang, ngga’ ada tempat berlindung dari angin 😦

Katherin pun nawarin untuk pergi ke Metro Station..dan duduk disana. pilihan yang tepat! walopun tetep dingin, se-engga’nya kita ngga’ kena angin.

Perjuangan #3: Pas lagi asik-asik ngobrol bareng Katherin tiba2 muncul seseorang berkulit gelap, berambut gimbal, dengan topi merah, tiba2 turun dari metro.. dan menyapa Katherin.. tapi di kacangin sama Katherin.. trus beliau nyapa saya (mampus!) dan bertanya yg intinya saya bisa bahasa inggris atau ngga’.. reflek saya jawab bahasa belanda “Nee”

entah knapa beliau kayaknya nyadar kita berdua ketakutan gitu, trus dia langsung cepet2 bilang.. “i know you afraid of me, i’ll go.. i’ll go..”

aduuhhh maaf lho..bukannya saya ngga’ mau bantu.. tapi horor x_x. ketika ada metro datang beliau pun langsung pergi.

pintu metro tertutup. Saya dan Katherin kembali lega… fiuuuh!

20.35

Hoo.. ibadah-nya pake bahasa German! Nyanyi-nya juga bahasa German, Choir-nyaa mantep deh! suaranya ngga ada sumbangnya sama sekali! Two thumbs up!

Selain ada saya dan Katherin, setidaknya ada 10 orang Indonesia yang keliatan hadir di gereja itu. Lumayan banyak ya?

suasana sebelum ibadah dimulai

ada gantungan buat tas & coat di depan tempat duduk saya
(i guess) that was mini orchestra

23.22

Keluar dari Gereja dan langsung menuju metro terdekat..

00.00

Kami pun sudah check-in di Easyhotel. Saya pun beberes, mandi, shalat, bales2 bbm, check2 e-mail, whatsapp-an sama mama dan kemudian tiduuuuur πŸ˜€

Satu yang saya sedih, cita-cita pingin ngerasain white christmas kayak di video clipnya Justin Bieber (Mistletoe) ngga’ tercapai.. no snow at all 😦


to be continued..

One thought on “[Day 1-2] Amsterdam & Berlin

  1. Very interesting! Jadi inget waktu saya kuliah di Jerman, dan sempat jalan-jalan ke Amsterdam waktu liburan Paskah. Saya sempat ikut ibadah (Misa) malam Paskah di gereja di Amsterdam dan pake bahasa Belanda :D.

    Untuk yang Galeria itu mereka bungkus blanjaan kita pakai plastik karna sebenernya Galeria itu semacam department store (kyk Matahari). Kalau di supermarket biasa kayak Aldi, Lidl, dll. sama spt di Belanda kok.

Leave a Reply

