Posted in College Life

Semester Baru, Semangat Baru!

hi semuanyaaa!
intermezzo sedikit yaa.. sebelum saya melanjutkan cerita ke Day 7 di liburan kemaren hehehe..

gimana kuliahnyaa? semangat ngga’ di tahun yang baru ini?

beberapa waktu yang lalu saya di hubungin sama adik2 kelas di SBM ITB, intinya sii mereka penasaran sama program exchange yang saya jalani sampai saat ini, dan nanya2 how to pass it?

pesen saya cuma satu, Ayooo jangan buang kesempatan emas ini! kalo kamu bisa daftar ya daftar aja..urusan nanti keterima/ngga’, serahkan sama Tuhan Yang Maha ESA, kalo memang rejeki kamu insya Allah ya ga akan kemana2 πŸ˜€ lagipula yaa.. SBM ITB udah susah2 bikin perjanjian sama univ lain (Rijksuniversiteit Groningen , University of St. Gallen and Hochschule Pforzheim) masa’ mau di lewatkan gitu aja? apalagi tahun kemaren saya denger ada 1 tambahan partnership dengan Aalto University, Finlandia. so, why not?

i don’t want to hear another similar statements like this one.. 😦

my beloved friend, “membaca blogmu, bikin aku super menyesal ga daftar buat exchange, super duper menyesal πŸ˜₯ ”

this was real conversation a few days ago. Dear adik2 yang lagi galau antara mau daftar atau ngga’.. you can reach experiences more than me or at least like i did! jangan kebanyakan galau yaaa.. walaupun saya pribadi juga harus membuang beberapa kesempatan untuk aktif di Bandung, tapi saya ngga’ menyesal untuk exchange ke Belanda. (soon, i’ll tell to you saya dapet pelajaran berharga apa aja dari sini). πŸ™‚

back to the topic, kenapa saya mau nulis tentang “Semester Baru, Semangat Baru!”?

answer: karena ada yang minta hehehe. “kasih tips” lagi dong ka vira diblog, gimana caranya naikin semangat smt 2 haha :)”

“hem.. tapi aku blum ganti semester…gimana dong?”

hahaha ngga’ deng.. status saya juga udah masuk semester 8 di SBM πŸ˜€ cuma disini aja masih minggu terakhir semester 7. (iihh aduh.. semesternya udah banyak yaaaa berasa sesepuh di kampus banget ini huhu)

hmm.. soooooo here goes my list yang bisa membangkitkan semangat saya menyambut semester baru, :

1. mungkin yang bikin drop adalah IP semester yang lalu yah? kalo dapet IP yang kurang diharapkan.. buat saya pribadi, sii jadi refleksi diri aja.. (abis gimana dong? ga bisa di apa2in juga nilainya.. udah “fix” hiks!). misalnya nilai saya ngga’ maximal di Financial Analysis, jadi catetan buat diri sendiri berarti kelemahan saya di hitungan dan di semester baru ini saya harus nambahain porsi belajar di bagian finance. πŸ™‚

2. hmm.. punya notes kuliah BARU! hihi rada ga penting sii.. cuma buat saya ini bisa bikin semangat, kalo pas di Bandung biasanya saya ganti binder, terus kertas di dalemnya beli yang agak premium biar rajin nyatet, terus punya spidol warna-warni biar saya bisa nandain mana yang penting.

3. Bangun lebih awal di semester yang baru, dan persiapkan diri kamu bahwa.. “Yeah I’m ready to fight in this semester!” kebayang ngga’ sii kalo misalnya hari pertama kuliah kamu kesiangan, ngga’ sempet sarapan, buru2, bisa2 malah bikin bad mood hari pertama. (well, karena ini udah minimal 1 minggu berlalu dari hari pertama kuliah.. ini juga bisa diterapkan di minggu depan kok hhehe)

4. bikin target jangka pendek buat semester ini dan berikan reward kecil sebagai bentuk penghargaan terhadap “kerja keras” yang udah kamu lakukan. misalnya, target nilai quiz Statistics 90.. kalo tercapai, kamu boleh creambath di salon. hhehe jadi semangat deh belajar buat quiz-nyaa! πŸ˜›

5. bosen dengan rutinitas? coba ganti rute ke kampus yg biasanya kamu lewati.. kalo misalnya kamu tinggal di Dago Asri dan tiap hari lewat Cisitu buat ke ITB, yaa skali2 ganti lewat simpang dago πŸ˜€ ganti pemandangan sebelum ke kampus asik juga kok!

6. STOP MENGELUH! ngga’ ada gunanya kamu mengeluh.. trust me, cuma bikin yang sebenernya ngga’ berat jadi tambah berat. rugi ya? sebagai gantinya.. selipkan kata2 positif sebelum kamu berangkat kuliah.. contoh “it’s gonna be exciting!”

aaaahh saya jadi ga sabar buat balik ke Bandung..dan memulai semester baru di SBM ITB lagiiii!

terimakasih untuk Lita yang udah minta saya nulis tentang ini. Good luck for you..

and also, for you who read this post! πŸ˜€

Cheers from Groningen,

VCA.

Leave a Reply

