5 Langkah Mudah Membuat SIM Internasional

Hi all! Kamu suka traveling? Ato lagi ada rencana buat sekolah di luar negeri? Atau malah mau menetap di luar negeri? Hmm.. buat kamu yang mau tinggal di Europe / US sebenernya public transportation disana bisa dibilang sangat nyaman, jadi buat keseharian ga urgent punya kendaraan bermotor sendiri… but! In case kamu mau roadtrip dan nyewa mobil atau malah mau beli mobil sendiri, selain butuh uang (yaiyalah…) kamu butuh SIM Internasional!

Nah, beberapa waktu yang lalu saya bikin SIM Internasional di Jakarta! Menurut salah satu officer disana, Mbak Paula, masih belum banyak orang yang tau tentang kemudahan bikin SIM Internasional ini… so, this time saya mau share ke kalian kali aja ada yang membutuhkan 😀

First thing to do..

1. Persiapkan Seluruh Persyaratan Membuat SIM Internasional

  1. KTP bagi WNI, KITAP bagi WNA atau KIT dan surat rekomendasi dari kedutaan bagi WNA staf kedutaan, asli, sah dan masi berlaku + 1 lembar fotokopi
  2. SIM yang masa berlaku + 1 lembar fotokopi
  3. Passport yang masih berlaku + 1 lembar fotokopi
  4. Pas Photo 4X6 3(tiga) lembar, berlatar belakang biru, menggunakan blazer (wanita) / berdasi (pria)
  5. Materai Rp. 6.000,00 sebanyak 1 buah
  6. Biaya Administrasi Rp. 250.000,00 (SIM Internasional Baru), Rp. 225.000,00 (SIM Internasional Perpanjangan)
Ambil No. Antrian

Ambil No. Antrian

2. Datang ke Korlantas POLRI, Jakarta

Alamat : Jl. MT Haryono Kav 37-38 Jakarta 12270

Telp       : 021-500669 atau SMS 9119

Jam Buka: Senin – Jumat jam 08:00 – 15:00 (jam istirahat 12:00-13:00)

SIM Internasional

SIM Internasional

Tips:

begitu masuk gerbang Korlantas POLRI, ikuti panah berwarna biru yang ada di sisi jalan.. dibawahnya tertulis “Pembuatan SIM Internasional” luruus aja, pertigaan kedua belok kiri nanti di gedung pembuatan SIM Internasional ada disebelah kanan.

Oiya, harus dateng sendiri dan gak bisa diwakilkan soalnya kamu nanti harus melakukan photo & finger print!

3. Pendaftaran SIM, Cek Kelengkapan Dokumen

Setelah mengambil kertas nomer antrian, tunggulah sampai dipanggil officer. Begitu no. Antrian dipanggil, kamu bakal diminta mengisi form SIM Internasional, sambil mengisi form, officer akan mengecheck identitas diri dan semua persyaratan diatas. TENANG! Selama pengisian form, officer akan menguide kamu.. contohnya golongan SIM mana yang perlu kamu checklist, kolom mana aja yang perlu di isi, dsb.

Ada yang berbeda antara SIM Internasional dengan penggolongan SIM di Indonesia.. kalo di Indo SIM A untuk Mobil, kalo SIM Inter A untuk Sepeda Motor. Lebih jelasnya sebagai berikut:

Golongan A : Sepeda Motor

Golongan B : Kendaraan Bermmotor selain yang dalam kategori A, dengan massa maksimum yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg serta memiliki tidak lebih dari delapan kursi selain kursi pengemudi

Golongan C : Kendaran bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang dan dengan massa maksimum yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.

Golongan D : Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut penumpang dengan memiliki tidak lebih dari delapan kursi selain kursi pengemudi.

Golongan E : Kombinasi dari kendaraan yang kendaraan utamanya ada di dalam kategori-kategori yang pengemudi diberi izin mengemudi (B dan / atau C dan / atau D), tetapi tidak termasuk dalam kategori yang telah ditentukan.

Membuat SIM Internasional

Membuat SIM Internasional

4. Pembayaran Administrasi

Okey, setelah form sudah diisi dan di tandatangani, kamu akan diberikan slip pembayaran dan bayar di loket selanjutnya yaitu “Kasir”. Seperti yang udah dimention diatas.. Rp. 250.000,00 (SIM Internasional Baru), Rp. 225.000,00 (SIM Internasional Perpanjangan). Cash only.

5. Final Review, Photo, Finger Print (Dua Jempol)

Selanjutnya, tunggu beberapa saat untuk dipanggil ke ruang foto dan pencetakan dokumen. Nanti kamu bakal diminta untuk mereview Nama, Tanggal Lahir dan Alamat apakah sudah sesuai atau belum. Setelah dicetak gak bakal bisa dicetak ulang.. so, take a moment to review them all 😀

Setelah ok,  kamu akan diminta untuk foto, finger print (scan sidik jari) dua jempol…. dan tadaaaa! Langsung jadi deh buku SIM Internasional kamu 😀 huhuy! Ini berlaku untuk 3 tahun 😀

SIM Internasional udah jadi :D

SIM Internasional udah jadi 😀

Best of luck!

Vira.

Advertisements

21 thoughts on “5 Langkah Mudah Membuat SIM Internasional

  1. ogud says:

    aku juga tahun ini habis sim intl nya.
    nanti pas balik ke jkt niat mau perpanjang.
    iya bikin sim intl itu lebih mudah dari bikin sim indonesia sendiri.

  2. Fauzan Ashri says:

    Hi Vira, Terima kasih buat info nya.
    Mau tanya, klo misalnya SIM A (Indonesia) udah expired, apa masih bisa apply SIM International B tanpa Valid SIM A?

    Terima kasih sebelumnya,
    Regards,
    Fauzan Ashri

  3. Sansan says:

    Best post, good job, thx banget.

    1 pertanyaan ya, foto yang kita bawa kan hrs latar belakang biru, laki pakai dasi. Nanti disitu foto lagi, apa harus pake dasi juga? Atau bisa pake kemeja biasa aja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s