Posted in Extraordinary Story :P, The Netherlands

Google it, before asking questions!

Goedemorgen!

punya youtube yang emang focus-nya sharing tentang gimana caranya apply kuliah, cari beasiswa, dapetin beasiswa.. punya segudang suka dan duka. FYI, I always try to be professional for my new “hobby”, setiap ada e-mail semaksimal mungkin dalam 48 jam udah saya balas, semua comment di youtube saya jawab (kalo nanya yg relevan ya!), semua DM juga saya reply, semua review2 motivation letter juga saya kerjain one-by-one. beside, my busy life as a student and housewife.

Unfortunately! masih adaaaaaaaaaa ajaaaa pertanyaan2 yang sebenernya less than 30 secs kamu udah bisa nemu jawabannya di Google, ini beberapa contoh “REAL EXAMPLE” nya:

From Instagram:

X: saya udah googling tapi gak ketemu juga website kampusnya

V: Mau kampus apa, pasti tiap univ websitenya

X: Adelaide University mbak..

V: *less than 30 secs, saya reply beserta alamat websitenya..*

rasanya mau nangis di pojokan, kalo jaman sekarang orang bisa menggunakan social media, tapi untuk nge-google aja masa sih gak dapet?? 😦

From E-mail:

A: Essay2 yang untuk seleksi administratif dulu itu diketik atau ditulis di A4 atau gimana kak formatnya? Dan ditulis dalam bahasa apa ya kak?

F: Untuk essay (3essay) tujuan LN itu dlm seleksi administrasi (LPDP) pakai bhs inggris or indo kak ?

I: Beasiswa Stunned, OTS, Netherlands Fellowship Programme itu berbeda ataukah sama

J: Untuk piagam prestasi dan sertifikat ada ketentuan batasan gak kak? misalnya piagam 4 taun terakhir saja atau semacamanya..Kalo dlu sendiri kakak lampirin piagam prestasi semasa kuliah aja atau bahkan dari SD? hehe

K: biasanya masa berlaku LOA itu sampai kapan ?

C: Topik untuk on the spot writting dan LGD itu dibagi berdasarkan jurusan atau kayak benar benar acak dan random aja kak?

D: univ itu gampang dapet LoA nya darimana ya kak? — jangan mau yang gampangnya aja dong dek! usahaaaa pliss

atau pertanyaan2 yang menurut saya too personal:

S: Kakak dulu kerja dimana? berapa tahun? kok suami ikut ke belanda? kok bisa? ngapain?

H: kakak apa kelebihan kakak sehingga diterima di kedua beasiswa tsb? apa dikarenakan pengalaman kerja, IPK, atau essay-essay yang kakak buat?

Answer: dek.. plis lah, jalan hidup orang itu beda2, kamu gak bisa mereplicate aku, aku juga ga bisa mereplicate kamu.. smua orang unik! jadi intinya gimana kamu bisa “mempackage” diri sendiri agar menarik dihadapan pemberi beasiswa.

Here’s my advice: bijak lah menggunakan internet.. kamu bisa punya instagram, punya e-mail, punya facebook, tapi yaaa masa’ sih pertanyaan simple aja kamu lebih prefer nanya orang yang sebenernya ketemu langsung aja kamu juga gak pernah -___-” please make my life easier.. aku seneng sharing dan bantu kalian untuk bisa meraih cita2, tapi yaa gak gini juga kali..
Oiya, semua ada batasannya ya! tau adab bertanya, tau waktu, yang sopan, ucapkan terima kasih kalo memang jawaban aku membantu kalian.. itu aja cukup kok 🙂
Go get your dream! 
Vira
Advertisements

One thought on “Google it, before asking questions!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s