Ketika Lebah Salah Sengat

Post saya kali ini akan menceritakan pengalaman tak terlupakan (halah..) disengat lebah di negeri kincir angin! -__-”

Ceritanya bermula dari saya mau pergi ke kantor post di daerah Floresplein (disini ada nama-nama jalan dari kota2 di Indonesia loooh!) ada Atjehstraat, Padangstraat, Semarangstraat,etc. Ternyata paket yang saya tunggu belum ada di kantor post, akhirnya saya mampir deh ke Albert Hein (sebuah supermarket) untuk membeli sabun cuci baju..

Semarangstraat

Selesai membayar, saya jalan menuju pintu keluar… tapiii sebelum keluar…

ADAAAAAOOWWW!

Pas saya liat ternyata ada lebah menyengat jari tengah kaki kiri saya.. huhuhu sakittt! Saya pun seketika langsung menginjak si lebah sampai mati (maaf lho ngga’ berkeprihewanan) Abis dia jahat siih. Karena saya pikir bakal biasa aja yaa.. dengan sedikit merintih kesakitan pun saya cepat2 ke parkiran sepeda dan bergegas pulang..

Malamnya si jari tengah ini bengkak!! Saya pun laporan ke mama,
Mama: “coba aja diolesin minyak tawon dek..”
Vica: “hah? Mana aku bawa mam.. aku bawanya minyak kayu putih..”
Mama: “ya udah dicoba dulu aja pake minyak kayu putih..”

Awalnya

Besoknya, si jari tengah ini tidak memperlihatkan bengkak yang signifikan jadi saya santai2 aja.. saya pun pergi jalan2 ke centrum dan nonton bioskop di Pathe! . Pulang dari jalan2…waaaaa! Kenapa tambah bengkaaaaak? Pantesan pas pulang kok susah jalan..

Pulang Jalan Jalan

Mulai deh dari sini saya panik… aaaaaa… gimana kalo bengkaknya gak kempes2?? Gimana kalo ini harus disuntik macem2? Gimana kalo saya harus ke dokter? Aaaah… saya ngga’ mau ke dokter!! Disini itu kalo ngga’ dying, ngga’ bisa di bawa ke emergency dan kalau memang mau ke dokter butuh appointment and it takes time. Rebekawati banget pokoknyaaa..

Saya pun langsung tanya kanan kiri dari mulai temen-temen di twitter, facebook, bahkan sampai nulis di status BBM.
Nah.. banyak bangeet saran-saran yang masukkk! Mulai dari kompres air dingin, kompres air hangat, makan bawang putih yang dibakar (anti racun katanya..emang iya?) minyak tawon, minyak kayu putih (walopun ternyata ngga’ ngefek), di suntik (dari mana saya punya suntikan dan cairan suntikannyaa???) , obat2an.. huaaaahh.. kaki saya yang bengkak yang heboh satu RT kayaknya hahaha..

Teman-teman.. ternyata memang obat dewa dari sengatan lebah adalah MINYAK TAWON! Saya awalnya udah panik gitu, kayaknya disini saya ngga’ bakal nemuin minyak tawon deh.. tapi.. dimana ada kemauan disitu ada jalan.. hehe keesokan harinya, saya pun pergi ke Supermarket Oriental di daerah Korreweg dengan kaki bengkak untuk mencari Minyak Tawon.. dan ternyata ADA! Alhamdulilllllllllaaaaaaaahhhh ya Allllaaaahhhh.. walopun harganya 4.65 euro.. 😦 Saya relakan yang penting kaki saya kempes dan bisa berjalan seperti biasa lagi hehe..

ketemu si obat dewa!

Anyway, kali ini mau ngasih tips mengempeskan bengkak akibat sengatan lebah ala Vira..

– kompres yang bengkak dengan es batu.
– olesin minyak tawon
– jangan lupa sambil di elus2 bagian bengkaknya berdoa.. minta sama Allah biar cepet sembuh, waktu itu sih kaki saya saya bacain Yaasiin biar cepet kempes 😀
– Tinggal tidur deh..

oiya, check-check dulu jarumnya si lebah harus di copot dari kaki yaa.. berbahaya soalnyaa..

At the end saya mau ngucapin terima kasih banyak atas saran-saran cara pengobatan kaki bengkak dari Mama, Papa, Mba’ Ghia, Rigiveneo (temen saya yang ngajarin kalo bengkak harus di kompres pake es), Fanny (yang susah2 nanyain anak exchange di SBM buat dokter terdekat nanganin kaki ini), semua temen2 yang comment di status FB, reply di Twitter, dan yang personal BBM..

Walopun sampai saat ini kaki saya belum kembali seperti semula (masih ada sedikit bercak merah) tapi setidaknya sudah kempes dan ngga’ sakit lagi.. 😀 mungkin recovery kaki ini juga butuh waktu hehehe..

Sehari setelah diolesin minyak tawon 😀 Kempes lho!

Salam Jempol,

Vira Cania Arman.

18 thoughts on “Ketika Lebah Salah Sengat

  1. bliyanbayem says:

    waaaaahhhh… mbak vira mkasi tipsnya.
    tadi malam telapak kaki kiriku juga kena sengat lebah.
    nie lag bengkak juga, ntar mau ke pasar deh
    buat beli minyak tawon. tak coba tipsnya. mksi. ^_^

  2. suria says:

    alhamdulillah,. akhirnya kmu bisa cepet sembuh,..td pg anak sy berusia 2 th 9 bln tersengat lebah jg kaki nya,..semoga dengan membaca ini dan tips2 nya semoga bisa membantu,..terima kasih.

  3. Fakhri Zakaria says:

    Obat paling simpel: pake racun di tawon yang habis nyengat. Jadi setelah tuh tawon nyengat, matiin terus pencet perutnya sampe keluar cairan putih. Nah itu diolesin ditempat yang kena sengatan. Sounds so creepy, but it works 😀

    • Vira Arman says:

      Sekecil kuku jari kelingking saya (aduh dikira2 aja yaa kurang lebih 1 cm panjangnya)

      Pertama gatel-gatel gitu, lama2 bengkak..lupa berapa jam tepatnya tapi skitar 2 jam-an udah kerasa bedanya..

      Smoga cepet sembuh!

  4. nora kurnia says:

    mbak vira ceritanya sama persis kayak saya. sama disengat lebah, dikaki. tapi sekarang masih bengkak tapi nggak gatal.

  5. nora kurnia says:

    mbak, ijin share ya:
    karena bengkak di kaki saya 3 hari belum muncul tanda kesembuhan, maka saya putuskan pergi ke dokter.
    obat yang saya dapat:
    opistan mefenamic 500 mg
    omemox amoksisilina 500 mg
    dan obat kecil2 warna oranye (maaf, namanya lupa).
    dengan minum obat itu gak sampai 2 hari kaki sudah kembali normal.
    mungkin ini bisa jadi info tambahan pembaca blog..
    terima kasih

  6. Niabona says:

    TFS
    Dua hari lalu saya juga disengat lebah di tiga tempat. Rasanya sakit sekali, kayak dilempar bola tenis penuh jarum panas hehehe
    Pakai minyak tawon masih terasa. Akhirnya pakai pasta gigi. Nggak lama ruam merah dan bengkak hilang…
    Tapi kemarin, dua titik bekas sengatan jadi guataaaaallll bgt dan masih bentol merah. Sudah dikasih minyak tawon masih dahsyat gatalnya T_T

Leave a comment